UMKM Terima Dana Bergulir Rp 1 Miliar

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

BANYUMAS, (Tubas) – Bertempat di Pendopo Sipanji, baru-baru ini dilakukan realisasi penyaluran dana pinjaman bergulir bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Banyumas. Total dana yang dicairkan sebesar Rp 1 miliar, berasal dari APBD Kabupaten Banyumas, melalui Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD). Pengucuran dana dilakukan melalui rekening di PD BPR BKK Cabang Purwokerto Utara.

Penyerahan dana secara simbolis dilakukan oleh Plt Setda, Abdullah Muhammad, kepada 3 perwakilan pelaku UMKM, yaitu Sunaryo Ketua KUBE PSM Mulya Martani Candinegara Pekuncen sebesar Rp 25 juta, Winarko Ketua Kelompok Jangkar Mas II Pekunden Banyumas (Rp 30 juta), dan Raniyah Ketua Kelompok Budi Usaha Sejahtera I Karangpucung Tambak (Rp 30 juta). Kegiatan juga dihadiri oleh kepala dinas/instansi terkait serta ketua dan bendahara kelompok-kelompok penerima.

Menurut keterangan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Dinperindagkop) Kabupaten Banyumas, Purwadi Santoso, dana pinjaman tersebut selanjutnya akan didistribusikan kepada 896 orang, yang terbagi dalam 45 kelompok UMKM yang tersebar di 23 kecamatan. Tiap-tiap UMKM mendapatkan antara Rp 500.000 sampai dengan Rp 1.500.000, tergantung pada besar kecilnya usaha. Lama pinjaman 3 tahun dengan bunga 6% per tahun.

Bupati Banyumas, Mardjoko, dalam sambutan yang dibacakan Plt Sekda berharap, dana tersebut dapat membantu pengembangan UMKM agar lebih kompetitif bersama pelaku ekonomi lainnya. Menurutnya, UMKM mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional yakni dalam hal penyerapan tenaga kerja dan pendistribusian hasil-hasil pembangunan. UMKM juga telah membuktikan diri sebagai usaha yang tidak lekang oleh hantaman krisis keuangan dan sangat mendukung gerak roda perekonomian daerah. (john h)

Berita Terkait

Komentar

Komentar