UNTARA Saatnya Didirikan

TARUTUNG, (tubasmedia.com) – Seluruh elemen lapisan masyarakat di kawasan Tapanuli Raya diharapkan keterlibatannya dalam mendukung pendirian Universitas Negeri yang diberi nama Universitas Tapanuli Raya (UNTARA).

Halitu diutarakan Bupati Taput, Nikson Nababan dalam pemaparannya pada  Fokus Discussion  Group (FGD) di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Tarutung,  Senin malam (03/02/2020).

Alasan Nikson Nababan melibatkan seluruh stakeholder baik itu dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh kepemudaan, dosen, organisasi kemahasiswaan dan pemangku kepentingan di Tapanuli Raya untuk menyatukan  persepsi akan keinginan berdirinya Universitas Negeri kepada Presiden Joko Widodo.

Persiapan menuju pendirian UNTARA sudah semakin matang dengan sering melakukan diskusi bersama pemangku kepentingan. Dari segi lokasi dan kesiapan sarana dan prasarana pendukung sudah mapan.

‘’Tepatnya, 10 Juli 2016 kita sudah mengajukan pendirian Universitas Negeri ini ke Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti),’’jelasnya.

Selain itu, dukungan pendirian Universitas Negeri sudah diterima melalui kerjasama dengan kabupaten/kota sekawasan Danau Toba (Tobasa, Humbahas dan Samosir) maupun dari daerah yang berada diluar lingkup Tapanuli Raya.

“Tapteng – Sibolga sudah menandatangani nota kesepakatan pendirian Universitas Negeri tersebut,” ucap Bupati Nikson Nababan

Di hadapan tim ahli kajian Universitas Negeri Drs Muba Manihuruk, MSi dan Drs Junjungan Simanjuntak, MSi,.

Bupati juga menjelaskan, bahwa setelah berdirinya Universitas Negeri itu akan mendongkrak sektor perekonomian di Tapanuli Raya. “Uang triliunan rupiah untuk biaya kuliah akan berputar di Tapanuli Raya. Sektor ekonomi lainnya, seperti, pariwisata, perdagangan, properti dan jasa angkutan umum akan berkembang. Perusahaan – perusahaan lainnya juga akan semakin maju,” jelas Nikson Nababan. (tony)

 

 

Humbanghas
Humbanghas

Berita Terkait

Komentar

Komentar