Untuk Mengembangkan KUMKM Dibutuhkan Klinik Usaha

260115-ekbis2

KEBUMEN, (tubasmedia.com) – Terbangunnya Pusat Layanan Terpadu (PLUT) Kabupaten Kebumen Jawa Tengah yang mengintergrasikan seluruh potensi dan sumberdaya produktif bagi pengembangan usaha Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM), menjadi salah satu fasilitator dalam pemberian layanan pemenuhan kebutuhan pengembangan usaha.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kabupaten Kebumen Drs. H. Suwedi ditemui tubasmedia.com di ruang kerjanya (26/1/2015) mengatakan bahwa juga telah berdirinya Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT-KUMKM) di Kabupaten Kebumen sebagai mediator yang mampu menjembatani KUMKM dalam membangun hubungan dengan pemangku kepentingan lainnya, juga meningkatkan kwalitas usaha secara inovatif, kratif, dan produktif sekaligus sebagai klinik usaha.

Gedung PLUT-KUMKM yang diperuntukan bagi masyarakat sebagai klinik usaha dengan berbagai pelayanan yaitu antara lain, sebagai konsultasi bisnis KUMKM pendampingan atau monitoring bisnis, fasilitas akses pembiayaan, pemasaran dan promosi, pelatihan bisnis dan lainnya.

Ditambahkan Suwedi, keberhasilan suatu usaha diperlukan kejujuran, kerja keras disiplin berani menanggung resiko, dan sebaliknya kegagalan suatu usaha ketika pemilik usaha tidak mampu menjalankan usahanya dengan baik dan tidak mempunyai pengetahuan dan ketrampilan. Maka KUMKM perlu upaya terstruktur dan komitmen stakeholder, agar pengerjaannya meningkat dan berperan sejajar dengan pelaku usaha lainnya, dengan harapan fungsi layanan atau klinik usaha dapat memberikan pelayanan dan pengembangan usaha. (ahmad)

Berita Terkait