Usaha Mencukupi Kebutuhan Hidup

Oleh: Gunawan

ilustrasi

ilustrasi

MENURUT hemat penulis, semua manusia di bumi mempunyai pelbagai keinginan, seperti: ingin pintar, kaya, dan sebagainya. Intinya setiap orang menginginkan semua kebutuhannya tercukupi. Agar supaya keinginan yang bermacam-macam terpenuhi, maka pelbagai usaha dilakukan.

Kebutuhan lahiriah dapat diusahakan dengan menggali keahlian, yang dapat dimiliki secara formal atau informal. Usaha menggali keahlian yang diawali dengan mencari ilmu pengetahuan lahir dan batin sejak kecil sampai dewasa.

Dalam mencari ilmu pengetahuan sejak kecil yang ideal sudah harus bersamaan dengan pengetahuan batin. Menurut penulis usaha yang dapat dilakukan bersamaan untuk memenuhi kebutuhan hidup lahir batin agar mencapai kebahagiaan adalah:1) memiliki ilmu pengetahuan yang cukup; 2) bekerja; 3) memiliki budi pekerti yang baik, dan 4) memohon kepada Allah.

Jelasnya semua manusia yang ingin tercukupi kebutuhannya di dunia di awali dari mencari ilmu pengetahuan yang sesuai dengan apa yang menjadi minatnya, misalnya: minat berdagang, pelajari ilmu dagang yang benar. Minatnya bercocok tanam, cari ilmu bertanam yang benar.

Apa yang telah menjadi minat itu ditekuni sampai menjadi ahli. Kemudian bekerja sesuai minat atau ilmu yang dimiliki. Apabila perlu membuka usaha dengan ilmu yang dimiliki dan disenangi itu. Oleh karena bekerja dengan rasa senang dan cinta akan menghasilkan karya yang baik. Sedangkan untuk mendukung kelancaran bekerja harus dilandasi dengan budi pekerti yang baik seperti: jujur, sabar, menerima kenyataan, dan iklas.

Budi pekerti yang baik inilah yang akan mempercepat majunya usaha seseorang, oleh karena hasil karyanya dapat dipercaya secara kualitas, dan dikerjakan oleh orang yang ramah, sopan dan jujur. Orang akan menghargai orang-orang seperti itu. Akan tetapi itu semua tidak sempurna apabila tanpa dilandasi permohonan kepada Tuhan dari setiap langkah usaha yang dijalani.

Sangat disayangkan banyak orang tidak menyadari perlunya langkah ketiga dan keempat. Apabila langkah itu tidak dilewati, maka kehidupan yang dijalani tidak akan sampai pada kebahagiaan yang sejati. Mungkin banyak juga yang beranggapan bahwa tanpa langkah ketiga dan keempat kebutuhannya juga dapat terpenuhi, akan tetapi sebagai manusia ciptaan Tuhan harus sadar bahwa dalam menjalani kehidupan harus sesuai dengan kehendak Tuhan, maka ia harus melalui langkah ketiga dan keempat.

Usaha lahir batin, yaitu melaksanakan langkah satu sampai keempat seperti yang penulis sebutkan di atas adalah langkah ideal untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup selama dititahkan di dunia oleh Tuhan, agar kesejahteraan semua umat manusia dapat tercapai. ***

Topik :

Berita Terkait

Komentar

Komentar