USB Lantik 198 Calon Apoteker Baru

151014-edu1

SURAKARTA, (tubasmedia.com) – Di Gedung Wanita Manahan, Surakarta pada 11 Oktober 2014 lalu digelar pelantikan dan pengambilan sumpah apoteker angkatan XXIV. Acara ini dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Ketua Komite Farmasi Nasional, Ketua Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Jateng dan Ketua Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Surakarta, Ketua Yayasan Pendidikan Setia Budi beserta rektorat dan dekanat USB.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan tunggal Universitas Setia Budi (USB). USB yang sudah berdiri sejak tahun 1983 sampai saat ini telah memiliki lima fakultas dan 13 program studi/jurusan yang sudah terakreditasi oleh BAN-PT serta sudah menerima sertifikasi ISO 9001:2008. Kelima fakultas tersebut adalah, Fakultas Farmasi, Teknik, Ilmu Kesehatan, Psikologi dan Ekonomi.

Pada kesempatan itu Ketua Program Studi Profesi Apoteker USB, Ismi Rahmawati, M.Si, Apt menyampaikan laporan pendidikan yang di antaranya adalah, pada tahun Akademik 2014/2015 program Profesi Apoteker Fakultas Farmasi USB sudah mencapai angkatan ke XXVI. Pelantikan dan Pengambilan Sumpah pada hari ini adalah yang kedua puluh empat bagi Program Profesi Apoteker Fakultas Farmasi USB dan diikuti 198 calon apoteker baru. Calon apoteker baru yang akan dilantik dinyatakan lulus dalam rapat yudisium pada tanggal 10 September 2014.

Program Profesi Apoteker Fakultas Farmasi USB telah menghasilkan lulusan sebanyak 2.551 Apoteker. Para calon apoteker baru yang akan dilantik dan diambil sumpahnya sudah menempuh kegiatan akademik selama 2 semester, yaitu perkuliahan sejak bulan September 2013 hingga Januari 2014 dan Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA) pada bulan Februari hingga Juni 2014. Selanjutnya dilakukan ujian komprehensif, meliputi Bidang Rumah Sakit dan industri yang dilaksanakan pada Sabtu, 23 Agustus 2014 dan Komprehensif bidang Apotek yang dilaksanakan pada Rabu, 20 Agustus 2014.

Seluruh calon apoteker baru wajib mengucapkan lafal sumpah dihadapan Dekan Fakultas Farmasi USB, Ketua Komite Farmasi Nasional, Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia. Dari 198 lulusan pada periode ini, 16 peserta dinyatakan lulus dengan predikat Cum Laude, 167 peserta dinyatakan lulus sangat memuaskan, 15 peserta dinyatakan lulus dengan memuaskan.

Ada pun lulusan terbaik pada periode ini untuk minat Farmasi Klinik & Komunitas adalah Siska Rian Pratiwi, S.Farm, IPK 3,86. Lulusan terbaik untuk minat Farmasi Sains dan Industri adalah Revita Saputri, S.Farm IPK 3,75. Lulusan termuda pada periode ini adalah Retno Wulandari dengan usia 22 tahun, 3 bulan, 18 hari dan lulusan tertua adalah Tutiek Hartini, dengan usia 51 tahun, 0 bulan, 5 hari. (rel/sis)

Berita Terkait

Komentar

Komentar