USB Surakarta Gelar Workshop Patologi Anatomi

SURAKARTA, (tubasmedia.com) – Laboratorium Patologi Anatomik merupakan laboratorium yang melaksanakan pembuatan preparat histopatologi, pulasan khusus sederhana, pembuatan preparat sitologik, dan pembuatan preparat dengan teknik potong beku.

Universitas Setia Budi (USB) Surakarta sendiri memiliki laboratorium Patologi Anatomi yang disebut canggih, karena sudah setara dengan peralatan yang dimiliki oleh Rumah Sakit Tipe B.

Hal tersebut merupakan nilai plus bagi lulusan Fakultas Ilmu Kesehatan USB karena saat ini Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) yang memiliki keahlian khusus di bidang Patologi Anatomi sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Karenanya, Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) USB Surakarta mengadakan kegiatan Workshop Patologi Anatomi pada Senin (4/1//2019) di gedung A USB Surakarta.

Kegiatan yang merupakan salah satu rangkaian acara peringatan Dies Natalis ke-22 USB ini diikuti oleh 140-an peserta, dengan mengangkat tema “Teknik Pembuatan Sediaan Histopatologi dan Sitologi” untuk diagnosa yang akurat.

Workshop ini diawali dengan Seminar yang dibawakan oleh seorang Dokter Spesialis Patologi Anatomi, dr. Rusnita, Sp. PA., dari RSUD Kabupaten Sragen. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Dekan I FIK USB, Tri Mulyowati, SKM., M.Sc., saat membuka kegiatan Workshop.

Sementara itu, Ketua DPC Patelki Surakarta, Nurhayati, S.ST., M.Si. dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan workshop ini sangat diperlukan bagi calon tenaga kesehatan untuk menambah keahlian atau kompetensi, dan peserta workshop akan mendapatkan SKP (Satuan Kredit Partisipasi) yang nantinya dapat digunakan untuk melakukan registrasi tenaga kesehatan.

Ditekankan bahwa setiap tenaga kesehatan harus memiliki Surat Tanda Registrasi (STR). Nantinya STR bersama ijazah dapat dipergunakan untuk melamar pekerjaan. Selain itu, tenaga kesehatan yang bekerja di layanan kesehatan juga harus memiliki SIP (Surat Ijin Praktek). Nurhayati menilai, dengan adanya workshop patologi anatomi ini menunjukkan bahwa USB siap mencetak lulusan dengan daya saing yang tinggi, khususnya dengan kompetensi di bidang Patologi Anatomi.

Kegiatan workshop Patologi Anatomi ini terbagi menjadi 2 sesi yakni seminar dan praktek, yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa D-III dan D-IV Analis Kesehatan baik yang reguler maupun alih jenjang karena merupakan syarat untuk mendapatkan SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) serta sangat dibutuhkan untuk mengurus atau memperpanjang STR. (sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar