USB Undang Tim Damkar PMI Latih K3 kepada Mahasiswa

img_20161109_091012

SURAKARTA, (tubasmedia.com) – UPT Laboratorium Universitas Setia Budi (USB) mengundang Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surakarta untuk memberikan pelatihan terkait Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) kepada mahasiswa, Rabu (9/11) di Lapangan USB Surakarta.

Kepala UPT Laboratorium USB, Drs. Edy Prasetya, mengatakan  kegiatan tersebut dilakukan berkaitan dengan praktikum mata kuliah K3 yang diikuti oleh mahasiswa program studi D-III dan D-IV Analis Kesehatan, serta mahasiswa D3 Analis Kimia.

Praktikum K3 dengan mendatangkan tim damkar PMI ini sendiri bertujuan untuk menambah pemahaman mahasiswa terkait pemadaman kebakaran, terlebih nantinya mahasiswa akan bekerja di Laboratorium yang memungkinkan berhubungan dengan benda-benda yang mudah terbakar.

Tim Damkar PMI Kota Surakarta ini didatangkan karena mereka merupakan tim yang sudah qualified dan terlatih di bidangnya.

Dalam kegiatan ini mahasiswa dilatih simulasi pemadaman api menggunakan karung goni, pemadaman tabung gas yang terbakar, pemakaian Alat Pemadam Api Ringan (APAR), serta Pertolongan Pertama Kegawatdaruratan.

Meskipun kegiatan ini hanya bersifat simulasi, namun diharapkan mahasiswa memahami betul cara-cara pemadaman api sehingga jika sewaktu-waktu mengalami hal tersebut mahasiswa tidak panik dan dapat melakukan cara-cara penanganan yang tepat.(tk)

Humbanghas
Humbanghas

Berita Terkait

Komentar

Komentar