Virus Corona Semakin Ganas, Begini Cara Memutus Penularannya

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Lebih dari 5.000 orang telah teridentifikasi positif virus Corona atau Covid-19 di Indonesia. Jumlah ini diprediksi terus bertambah setiap harinya. Sekitar 50 persen dari jumlah korban virus tersebut ada di DKI Jakarta. Hal ini lah yang membuat ibu kota berstatus sebagai zona merah.

Dalam merespons hal itu, Presiden RI Joko Widodo telah mengimbau masyarakat agar belajar, bekerja, dan beribadah di rumah. Pada Selasa (31/3/2020), pemerintah pun telah memberlakukan status kedaruratan kesehatan masyarakat dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar

(PSBB) untuk memutus rantai penularan virus. Cara mudah cegah tertular virus Covid-19 tidak selalu memunculkan gejala pada diri seseorang, sehingga Anda akan sulit mendeteksi siapa yang sudah tertular.  Dilansir dari laman WHO, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penularan virus Covid-19.

Pertama, cuci tangan sesering mungkin selama 20 detik dengan sabun atau hand sanitizer. Cara mudah ini dapat membunuh virus yang mungkin ada di tangan Anda.

Kedua, menerapkan physical distancing dengan jaga jarak fisik minimal satu meter atau tetap di rumah.

Ketiga, gunakan masker. Virus Covid-19 tidak selalu menunjukkan gejala sakit, sehingga penggunaan masker dianjurkan pada setiap orang saat keluar rumah.

Sistem Imun

Keempat, jaga imunitas tubuh dengan vitamin E dan vitamin C. Selain menjaga jarak fisik, penting bagi seseorang menguatkan sistem imun tubuhnya dengan asupan makanan bernutrisi atau konsumsi suplemen. Dilansir dari Grid.id, Sabtu (21/3/2020), ahli virus atau virologis dr. Mohammad Indro Cahyono menyebutkan satu butir per hari vitamin C dan E dapat meningkatkan dua hingga tiga kali lipat sistem imun tubuh. Vitamin C dan E bertindak sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh.

Kabar baiknya, ada kelebihan lain dimiliki vitamin E, yakni dapat mencegah infeksi virus. Infeksi virus Covid-19 dapat memperburuk kondisi seseorang dengan penyakit bawaan, sehingga butuh vitamin E dengan dosis yang cukup. Menurut riset yang dipublikasikan The American Journal of Clinical Nutrition pada 1990, disebutkan mengonsumsi suplemen vitamin E jangka pendek akan tingkatkan daya tanggap kekebalan tubuh orang dewasa yang sehat. Karena itulah, sistem imun tubuh yang baik akan melindungi diri dari serangan virus dan penyakit.

Sayangnya, orang Indonesia hanya mengonsumsi vitamin E rata-rata 10,4 hingga 13,4 IU per hari dari makanan. Padahal vitamin E yang dibutuhkan tubuh rata-rata 200 hingga 300 IU per hari. Jangan panik dulu! Anda bisa penuhi asupan vitamin E dengan suplemen yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh seperti EverE250.

Sekarang, Anda bisa berkontribusi memutus rantai penularan virus Covid-19. Mulai dari diri sendiri dengan menjaga kebersihan tubuh, melaksanakan physical distancing, dan memenuhi asupan nutrisi. Jangan lupa ya, tetap di rumah saja! (red)

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar