Wali Kota Depok Buka “Sosialisasi Jabar Mengembara”

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

JAKARTA, (TubasMedia.Com) – “Sosialisasi Jawa Barat (Jabar) Mengembara dan Informasi Peluang Kerja tahun 2012” secara resmi dibuka oleh Wali kota Depok, H Nur Mahmudi Isma’il, pekan lalu.

Jabar Mengembara adalah salah satu program Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai upaya memfasilitasi masyarakat untuk meningkatkan daya beli masyarakat Jabar dalam hal kewirausahaan dan kultur masyarakat bekerja, baik untuk bekerja di dalam negeri, maupun di luar negeri. Dengan kata lain, masyarakat Jabar bisa merantau memanfaatkan kesempatan kerja yang ada didalam ataupun luar negeri.

Berbagai kegiatan dalam Jabar Mengembara antara lain pelatihan bagi pencari kerja ke luar negeri, sosialisasi dan informasi peluang kerja. Demikian dikatakan Kepala Disnaker Propinsi Jabar, Widiatmoko MA.

“Jabar Mengembara merupakan solusi untuk mengenalkan dunia kerja kepada para siswa, sekaligus menginformasikan bahwa peluang kerja terbuka luas bila mau melihatnya, jangan hanya melihat di daerah kita saja,” katanya.

Ia mengharapkan, semoga kegiatan ini dapat mengatasi permasalahan ketenagakerjaan dan para siswa mendapat informasi tentang dunia kerja sehingga setelah lulus nanti tidak menjadi penggangguran.

Sermentara itu, Wali Kota mengatakan, program Jabar Mengembara dan pameran Bursa Kerja ini merupakan sarana untuk mempertemukan secara langsung antara pencari kerja dan perusahaan sebagai pengguna tenaga kerja, agar diperoleh informasi langsung yang akurat dari pihak perusahaan tentang kesempatan kerja yang ada, baik di dalam maupun di luar negeri. Para pencari kerja bias mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat dan kompetensi yang dimiliki.

Menurut Wali Kota, Jabar Mengembara diikuti siswa-siswi SMK yang duduk di Kelas III, agar mereka memiliki bekal untuk memasuki dunia kerja setelah lulus nanti. “Para siswa akan mendapat penjelasan dan pelatihan sehingga mereka bisa berkonsentrasi pada bidang yang mereka kuasai, dan unggul dalam dunia kerja.

Wali Kota menginformasikan bahwa Kota Depok memiliki kawasan perdagangan dan jasa dengan jumlah perusahaan terdaftar sebanyak 463 dengan 42.273 tenaga kerja.

Sementara itu, Ketua P2TP2A Netty mengatakan, syarat untuk Jabar Mengembara adalah penguasaan bahasa karena kita akan memperluas pengembaraan keseluruh dunia “Dengan Jabar Mengembara, diharapkan, para pelajar dapat melihat peluang kerja, namun harus tetap waspada terhadap peluang-peluang yang ada dan jangan mudah terbujuk rayu, karena banyak sekali human trafficking terjadi,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, Wali Kota juga memberikan penghargaan Sidhakarya kepada UMKM Menengah, yaitu CV Multi Dimensi (kulit kerang), CV Cihajuang (Bandrek dan Bajigur), Al Ainkta (Mendong), dan UMKM Kecil yaitu Sd SUHADA (ikan mungil), Dodol Civic (dodol), Agro Mitra ( syrup rosella). (darussalam kadis)

Berita Terkait

Komentar

Komentar