Wapres JK : Harga Beli Listrik Mikro Hidro Harus Dinaikkan!

uploads--1--2014--11--17450
JAKARTA, (tubasmedia.com) – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said diberi surat keras oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla yang isinya agar semua proyek listrik mini hidro harus dikasih harga lebih baik. Menteri ESDM diminta menaikkan harga beli listrik miko hidro untuk mendorong pengusaha lebih giat dalam mengembangkan pembangkit listrik mini tersebut.

“Tarif beli listrik mini hidro jangan disamakan dengan pembangkit listrik hidro yang besar.” ujar Kalla dalam seminar diversifikasi energi di Jakarta pada Selasa (14/4).

Wapres JK meminta agar pengelola listrik mikro hidro diberikan bonus. Pasalnya, pengelola proyek mikro hidro yang ada selama ini kebanyakan pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang bekerjasama dengan semua masyarakat.

Sebagai contoh, harga beli listrik mikro hidro di Makassar hanya 5 hingga 6 sen dollar AS per KWh. Jika dibandingkan dengan tarif beli listrik PLN untuk pembangkit listrik tenaga air di Serawak, Malaysia, ini dirasa kurang adil. Oleh karena itu, Wapres JK meminta agar tarif beli listrik mikro hidro minimal 10 sen dollar AS per KWh.(welda)

Humbanghas
Humbanghas

Berita Terkait

Komentar

Komentar