Wapres JK Membuka Pameran Produk Unggulan Narapidana

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, warga binaan lembaga pemasyarakatan (Lapas) mempuyai potensi untuk menapaki masa depannya lebih baik setelah menyelesaikan masa hukuman.

“Untuk itu, perlu apresiasi kepada Kemenperin, Kemenkum dan HAM serta kementerian dan lembaga lainnya yang turut membantu dalam melakukan pembinaan kepada warga di lapas,” katanya pada pembukaan Pameran Produk Unggulan Narapidana 2019 di Jakarta, Selasa (26/3).

JK optimistis, produk yang dihasilkan dari warga binaan pemasyarakatan mampu kompetitif karena banyak yang kreatif. “Waktu saya kecil, keset kaki dari kelapa dikenal produksi dari lapas. Sekarang sudah berbagai produk yang dihasilkan dan bermanfaat. Ini menunjukkan adanya produktivitas yang berkualitas dan berkelas,’tambahnya.

Sementara itu, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly mengemukakan, penyelenggaraan pameran produk unggulan narapidana tahun 2019 menjadi momen tepat.

Saat ini pemasyarakatan sedang melakukan revitalisasi melalui penataan terhadap penyelenggaraan pemasyarakatan terutama pada kegiatan pembinaan kemandirian yang lebih produktif.

“Program ini diharapkan dapat mengubah paradigma masyarakat terhadap kinerja pemasyarakatan. Saat ini, ada lebih 256 ribu warga binaan pemasyarakatan. Sebetulnya kalau kita bisa melakukan kegiatan produktif, mereka ini adalah labor force yang sangat besar sekali,” paparnya.

Untuk itu, diperlukan langkah sinergi banyak pihak dalam menyediakan fasilitas dan pelaksanaan program yang strategis. (sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar