Waspada….! Plt Kadis Pariwisata Humbahas, Positif Covid-19

DOLOKSANGGUL, (tubasmedia.com) –  Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Humbang Hasundutan (Humbahas), SHP (48) warga Desa Sosorgonting, Kecamatan Dolok Sanggul dikonfirmasi positif Covid-19.

Selain itu, ada 5 orang lainnya salah satunya anak berumur 2 tahun juga positif. Terpaparnya 6 orang itu disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Humbahas, Hotman Hutasoit, Senin (23/11/2020).

Hotman menjelaskan, keenamnya terkonfirmasi Covid-119 berdasarkan hasil pemeriksaan swab, serta saat ini sedang dalam perawatan di Rumah Sakit (RS) dan menjalani isolasi mandiri.

Dikatakan Hotman, SHP mengalami sakit di bagian perut dan tanggal 10 November 2020 melakukan pemeriksaan di RSUD Dolok Sanggul. Juga melakukan pemeriksaan USG, dengan hasil terdapat batu ginjal dan gangguan lambung.

Dan pada 13 November 2020, SHP mengalami batuk, sehingga dengan inisiatifnya berangkat ke Kota Medan untuk berobat.

“Sesuai Standard Operational Procedural (SOP) dari RS, maka dilakukan pemeriksaan swab, dengan hasil terkonfirmasi Covid-19. Saat ini kondisinya kesehatannya mulai membaik,” ujar Hotman.

Menurut Hotman, 5 orang yang positif Covid-19 telah menjalani isolasi mandiri selama 14 hari. Mereka adalah, IH (42) berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN), warga Desa Tapian Nauli, Kecamatan Lintongnihuta, DS (72) warga Desa Tipang, Kecamatan Baktiraja, MS (36), ASN warga Desa Pasaribu, Kecamatan Dolok Sanggul, HH (52) ASN, warga Desa Aeklung, Kecamatan Dolok Sanggul dan AM (2) warga Desa Sihite, Kecamatan Dolok Sanggul.

“MS, HH dan AM merupakan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi postif Covid-19. Saat ini ketiganya melakukan isolasi mandiri dengan kondisi tanpa gejala,” terang Hotman.

Dia menyebutkan, Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Puskesmas telah melakukan tracking, treatmen dan testing terhadap kontak erat pasien terkonfirmasi positif.

“Pemkab Humbahas menghimbau seluruh lapisan masyarakat untuk selalu waspada, saling menjaga, mengingatkan dan menegakkan protokol kesehatan (prokes) dalam setiap aktivitas sehari-hari demi keselamatan bersama,” harapnya. (red)

Berita Terkait

Komentar

Komentar