Wirausaha, Solusi Atasi Pengangguran

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

BOGOR, (Tubas) – Wirausaha yang digeluti hingga saat ini merupakan salah satu solusi mengatasi pengangguran, khususnya generasi muda yang putus sekolah di lingkungan wilayah Ciawi Kabupaten Bogor.

Kegiatan ini dilakoninya sejak tahun 2004 dengan seorang patnernya yang diawalinya dengan mencoba dan berkarya nyata guna memperkenalkan produk makanan ringan “Sari Barokah” oleh-oleh khas Bogor berupa tempe goreng, oncom goreng, bermacam-macam sele, kerupuk, bayam goreng, belut goreng, aneka kripik, manisan, dodol, wajit, dan lain sebagainya.

Mulanya H. Asep Abudin memasarkan sendiri produknya ke toko-toko serta ke warung sekitar kediamannya di Bakom Kelurahan Bojongkerta Kecamatan Kota Bogor Selatan. Kemudian setahap demi setahap ia mulai melakukan pemasaran dengan cara mengampas ke arah Ciawi serta jalur Puncak Cisarua Bogor.

Berkat keuletan serta ketekunan yang dimilikinya,saat ini usahanya telah merambah keluar daerah, antara lain Jabodetabek, Bangka Belitung, Sukabumi, Bandung, dan daerah lainnya.

Bahkan saat ini telah memiliki otlet-otlet, antara lain cabang inti di Jalan Raya Sukabumi No 61 Ciawi Bogor, Jalan Raya Puncak Cibogo, Leuwimalang,Taman Safari, Cisarua,Taman Wisata Matahari (TWM) dan Taman Wisata Jungle Kota Bogor.

Selain itu pihaknya juga melayani pengecer serta grosir yang berkunjung ke otlet-otlet tersebut dengan mempekerjakan sekitar 60 orang pemuda penganggur di sekitarnya.

Di tempat terpisah Ketua Umum Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (ABDESI) Kabupaten Bogor, H.Syaprudin Jepri,S.IP menyambut baik gagasan itu. “Saya bersedia membantu menindaklanjuti keingingan itu, baik berupa moril maupun materil, namun sebaiknya dibentuk terlebih dulu Organisasi Paguyuban PKL sehingga mempermudah proses keabsahan legalitasnya di Pemkab Bogor ,” pungkasnya. (muzni)

Topik :

Berita Terkait

Komentar

Komentar