Wisata Sipinsur Semakin Kinclong

Robert Njo (tengah berdiri pakai kaos) bersama rombongan foto bersama dengan Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor (berdiri di samping kiri Robert Njo) -tubasmedia.com/edison ompusunggu

 

DOLOKSANGGUL, (tubasmedia.com) – Wisata Alam Geosite Sipinsur di Desa Pearung Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan  (Humbahas) semakin diminati wisatawan asing dan domestik.

Betapa tidak ! Dari Sipinsur jelas terlihat keindahan Danau Toba dengan Kota Muara dan Pulau Sibandang serta sejauh mata memandang terihat bentangan Pulau Samosir yang sangat indah.

Keindahan itu menarik minat Ketua Dewan Pengawas Yayasan SMA TB (Tunas Bangsa) Soposurung Balige Toba, Robert Njo saat  mengunjungi Sipinsur  bersama rombongan ke daerah itu kemarin.

Kehadiran pengusaha nasional itu di Sipinsur disambut Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor SE, Sekda Drs Tonny Sihombing  dan Camat Paranginan Parlin Siahaan ST dengan menyuguhkan tari-tarian Batak Toba yang dibawakan secara apik Sanggar Seni Martabe Doloksanggul.

Bupati bersama rombongan  mengitari wisata alam Sipinsur menikmati indahnya Danau Toba. Dari lokasi itu mata pengunjung akan  dimanjakan panorama Danau Toba seakan  berada di angkasa bagai bentangan permadani indah  yang merupakan anugrah bagi masyarakat Tapanuli.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Periwisata  dan Pemuda Olahraga Humbahas, Jakkon H Marbun SE, kepada awak media  menjelaskan Kabupaten Humbahas sebagai bagian dari kawasan Danau Toba memiliki potensi wisata alam dan budaya yang layak untuk dikembangkan dan dipromosikan.

Robert Njo bersama rombongan disambut tarian tor-tor Batak -tubasmedia/edison ompusunggu

 

Menurutnya, ada 65 wisata alam dan budaya di daerah Humbahas. Salah satu diantaranya Sipinsur.  Wisata alam yang sangat indah dihiasi pohon pinus yang rindang. Sipinsur sudah terkenal di Indonesia, karena pada tahun 2018, geosite Sipinsur memperoleh penghargaan sebagai dataran tinggi terpoluler se- Indonesia.

Wisata alam ini, kata Jakkon Marbun kerab dikunjungi para petinggi dan pejabat  di Indonesia termasuk Presiden RI Ir Joko Widodo..

Usai menikmati alam Sipinsur, rombongan bersama Bupati Humbahas bergerak menuju lahan pertanian jeruk milik keluarga Ronson Sihombing-Rumata Siregar yang juga berada di desa tersebut. Sambil mencicipi buah jeruk, rombongan juga petik sendiri.

Robert Njo bercerita kepada pemilik lahan Rumata Siregar (Mamak Leonardo), demi meningkatkan pendapatan, lahan pertanian jeruk ini bisa ditingkatkan menjadi  Agro Wisata sebagai wisata alam dengan konsep petiksendiri.

“Makan jeruk sepuasnya silahkan disini, cukup bayar sekian. Bungkus bayar lagi. Konsep seperti ini bisa dijadikan di lokasi pertanian ini. Pokoknya obyek wisata ini akan semakin kinclong,” ujar Robert Njo kelahiran Sidikalang Dairi itu. (edison ompusunggu)

Berita Terkait