Wou, Vaksin Corona, Moderna, Menunjukkan Hasil Menggembirakan

CAMBRIDGE, (tubasmedia.com) – Perusahaan bioteknologi asal Amerika Serikat (AS), Moderna, Rabu (27/8/22020) mengumumkan vaksin potensial Corona menghasilkan respons kekebalan yang menjanjikan pada uji coba klinis tahap awal terhadap pasien lanjut usia (lansia).

Moderna melakukan uji vaksin pada 10 orang dewasa berusia 56 tahun hingga 70 tahun, serta 10 orang di atas 71 tahun. “Setiap peserta menerima dua dosis 100 mikrogram vaksin dalam 28 hari,” kata perusahaan.

Moderna menyebutkan para relawan menghasilkan antibodi penawar, yang menurut peneliti diperlukan untuk membangun kekebalan terhadap virus dan sel-T.

Selain itu, antibodi yang dihasilkan lebih tinggi daripada yang terlihat pada orang yang telah pulih dari Covid-19.Demikian hasil ekperimen Moderna yang belum dipublikasikan dalam jurnal peer-review.

Hasil uji coba juga menyebutkan vaksin tersebut dapat ditoleransi tanpa dampak serius. Beberapa pasien dilaporkan hanya kelelahan, menggigil, sakit kepala dan nyeri di tempat suntikan. “Namun sebagian besar gejala itu hilang dalam dua hari,” kata perusahaan.

Vaksin Moderna adalah salah satu yang sedang dikembangkan untuk melawan virus Corona, yang telah menginfeksi lebih 23,9 juta orang di seluruh dunia dan menewaskan 820.100, menurut data Universitas Johns Hopkins.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada lebih 170 vaksin yang sedang dikembangkan di seluruh dunia. “Dari total jumlah itu, 31 sedang dalam uji klinis,” kata WHO.

Vaksin eksperimental Moderna mengandung kandungan genetik yang disebut messenger RNA, atau mRNA. Materi ini diharapkan memicu sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus. Pada Mei, perusahaan merilis data awal yang menunjukkan vaksin tersebut menghasilkan antibodi pada 45 orang dewasa sehat. (red)

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar